Minggu, 08 Januari 2017

fungsi dan peran lembaga pendidikan



RINGKASAN MATERI
FUNGSI DAN PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN

A.      Pengertian Lingkungan dan lembaga pendidik
       Lingkungan pendidikan dapat diartikan sebgai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap praktek pendidikan, baik positif maupun negatif. Lingkungan pendidikan sebagai tempat proses pendidikan, merupakan bagian dari lingkungan sosial. Lingkungan pendidikan sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan sebab ligkungan pendidikan tersebut berfungsi menunjang proses belajar mengajar secara nyaman, tertib, dan berkelanjutan.
Lembaga pendidikan adalah suatu badan yang berusaha mengelola dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosial, kebudayaan, keagamaan, penelitian keterampilan dan keahlian.

B.       Fungsi dan Peran Lembaga Pendidik
       Secara umum fungsi lingkungan pendidikan adalah membantu peserta didik dalam interaksi dengan lingkungan sekitar.
1.      Lembaga pendidikan keluarga
       Sebagai transmisi pertama dan utama dalam pendidikan, keluarga memiliki peran utama dalam peletakan dasar-dasar pendidikan akhlak dan pendidikan keagamaan. Dikatakan pertama dan utama karena hamper semua pendidikan awal anak diterima dari keluarga. Olehkarena itu merupakan lembaga pendidikan utama, yang bersifat formal dan kodrat.
2.      Fungsi dan Peran Pendidikan Keluarga
a.         Pengalaman pertama masa kanak kanak.
       Pengalaman ini merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan berikutnya, khususnya perkembangan kepribadiannya.
b.         Menjaga emosional anak.
       Ada 3 hal yang menjadi pokok pembentukan emosional anak, yaitu: pemberian perhatian yang baik, pencurahan rasa cinta dan kasih saying, dan Memberikan contoh kebiasaan hidup yang baik.

c.         Menegakan dasar-dasar pendidikan moral.
       Anak akan selau berusaha menirukan dan mencontohperbuatan orang tuanya. Karena itu, orang tua harus mampu menjadi suri tauladan yang baik.
d.        Memberikan dasar pendidikan moral.
       Keluarga akan menjadi contoh kecil pendidikan sosial bagi anak. Misalnya memberikan pertolongan kepada anggota keluarga, menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar.
e.         Peletakan dasar-dasar keagamaan.
       Kehidupan keluarga yang penuh dengan suasana keagamaan akan memberikan pengaruh besar kepada anak.kebiasaan mengucap salam ketika akan masuk rumah merupakan contoh dalam upaya penanaman dasar-dasar agama.

3.      Lembaga Pendidikan Sekolah
       Keterbatasan kemampua orang tua dalam mendidik anaknya, maka dipercayakanlah tugasmengajar kepada orang dewasa lain yang lebih baik dalam mendidik anak.
a.         Fungsi lembaga sekolah
1)    Mengembangkan kecerdasan pikiran anak
2)    Spesialisasi dalam bidang pendidikan dan mengajar
3)    Efisien
4)    Sosialisasi
5)    Koservasi dan transmisi cultural
6)    Transisi dari rumah ke masyarakat
b.         Peran lembaga sekolah
1)    Tempat anank didik belajar bergaul, baik sesamanya maupun           dengan guru
2)    Tempat anak didik belajar mentaati peraturan sekolah




4.         Lembaga Pendidikan Masyarakat
            Masyarakat mempunyai peran penting dalam upaya penyelenggaraan pendidikan, karena membantu menyediakan sarana dan prasarana. Pendidikan didalam masyarakatmemiliki cirri-ciri sebagai berikut:
1.  Diselengarakan sengaja diluar sekolah
2.  Peserta umumnya yang tidak sekolah atau drop out
3.  Tidak mengenal jenjang dan program dalam jangka waktu pendek
4.  Isi pendidikan bersifat praktis dan khusus
5.  Keterampilan kerja sangat ditekankan

5.      Bentuk-bentuk Lingkungan Pendidik
            Adapun definisi pendidikan dari bentuk lingkungan pendidikan yaitu bentuk pendidikan formal dan informal, contohnya:
1.       Lingkungan keluarga
2.       Lingkungan sekolah
3.       Lingkungan masyarakat
       Masyarakat memiiki peran yang sangat besar dalam pelaksanaan pendidikan nasional. Peran masyarakat itu diantaranya menciptakan suasanan yang menunjang pelaksanaan pendidikan nasional.
Agar tercpta pendidikan yang baik, harus ada kerjasama yang harmonis antara keluarga, sekolah, dan masyarakat. Sejalan dengan UU No.20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional yang mencantumkan peran serta masyarakat dalam pendidikan.


6.      Bentuk-bentuk Lembaga Pendidikan
1.      Lembaga pendidikan keluarga
        Lingkungan keluarga merpakan linkungan yang pertama dan utama, karena dalam keluarga anak mendapatkan dasar-dasar pendidikan sosial, moral, dan agama.
2.      Lembaga pendidikan sekolah
        Yang dimaksud dengan pendidikan sekolah adalah pendidikan yang didapatkan secara teratur, sistematis, bertingkat dan bertahap.
3.      Lembaga pendidikan di masyarakat
       Masyarakat diartikan sebagai suatu bentuk tatanan kehidupan sosial dengan tata hidup sosial, tata hidup nilai, dan tata  budaya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar