RINGKASAN MATERI
FUNGSI DAN PERAN
LEMBAGA PENDIDIKAN
A. Pengertian
Lingkungan dan lembaga pendidik
Lingkungan
pendidikan dapat diartikan sebgai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap
praktek pendidikan, baik positif maupun negatif. Lingkungan pendidikan sebagai
tempat proses pendidikan, merupakan bagian dari lingkungan sosial. Lingkungan
pendidikan sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan sebab ligkungan pendidikan
tersebut berfungsi menunjang proses belajar mengajar secara nyaman, tertib, dan
berkelanjutan.
Lembaga pendidikan
adalah suatu badan yang berusaha mengelola dan menyelenggarakan
kegiatan-kegiatan sosial, kebudayaan, keagamaan, penelitian keterampilan dan
keahlian.
B. Fungsi
dan Peran Lembaga Pendidik
Secara umum fungsi lingkungan
pendidikan adalah membantu peserta didik dalam interaksi dengan lingkungan
sekitar.
1. Lembaga
pendidikan keluarga
Sebagai
transmisi pertama dan utama dalam pendidikan, keluarga memiliki peran utama
dalam peletakan dasar-dasar pendidikan akhlak dan pendidikan keagamaan. Dikatakan
pertama dan utama karena hamper semua pendidikan awal anak diterima dari
keluarga. Olehkarena itu merupakan lembaga pendidikan utama, yang bersifat
formal dan kodrat.
2. Fungsi dan Peran
Pendidikan Keluarga
a.
Pengalaman pertama masa
kanak kanak.
Pengalaman
ini merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan berikutnya, khususnya
perkembangan kepribadiannya.
b.
Menjaga emosional anak.
Ada
3 hal yang menjadi pokok pembentukan emosional anak, yaitu: pemberian perhatian
yang baik, pencurahan rasa cinta dan kasih saying, dan Memberikan contoh
kebiasaan hidup yang baik.
c.
Menegakan dasar-dasar
pendidikan moral.
Anak
akan selau berusaha menirukan dan mencontohperbuatan orang tuanya. Karena itu,
orang tua harus mampu menjadi suri tauladan yang baik.
d.
Memberikan dasar
pendidikan moral.
Keluarga akan menjadi contoh
kecil pendidikan sosial bagi anak. Misalnya memberikan pertolongan kepada
anggota keluarga, menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar.
e.
Peletakan dasar-dasar
keagamaan.
Kehidupan
keluarga yang penuh dengan suasana keagamaan akan memberikan pengaruh besar
kepada anak.kebiasaan mengucap salam ketika akan masuk rumah merupakan contoh
dalam upaya penanaman dasar-dasar agama.
3. Lembaga
Pendidikan Sekolah
Keterbatasan
kemampua orang tua dalam mendidik anaknya, maka dipercayakanlah tugasmengajar
kepada orang dewasa lain yang lebih baik dalam mendidik anak.
a.
Fungsi lembaga sekolah
1) Mengembangkan
kecerdasan pikiran anak
2) Spesialisasi
dalam bidang pendidikan dan mengajar
3) Efisien
4) Sosialisasi
5) Koservasi
dan transmisi cultural
6) Transisi
dari rumah ke masyarakat
b.
Peran lembaga sekolah
1) Tempat
anank didik belajar bergaul, baik sesamanya maupun dengan
guru
2) Tempat
anak didik belajar mentaati peraturan sekolah
4.
Lembaga Pendidikan
Masyarakat
Masyarakat
mempunyai peran penting dalam upaya penyelenggaraan pendidikan, karena membantu
menyediakan sarana dan prasarana. Pendidikan didalam masyarakatmemiliki
cirri-ciri sebagai berikut:
1. Diselengarakan
sengaja diluar sekolah
2. Peserta
umumnya yang tidak sekolah atau drop out
3. Tidak
mengenal jenjang dan program dalam jangka waktu pendek
4. Isi
pendidikan bersifat praktis dan khusus
5. Keterampilan
kerja sangat ditekankan
5. Bentuk-bentuk
Lingkungan Pendidik
Adapun
definisi pendidikan dari bentuk lingkungan pendidikan yaitu bentuk pendidikan
formal dan informal, contohnya:
1. Lingkungan
keluarga
2. Lingkungan
sekolah
3. Lingkungan
masyarakat
Masyarakat
memiiki peran yang sangat besar dalam pelaksanaan pendidikan nasional. Peran
masyarakat itu diantaranya menciptakan suasanan yang menunjang pelaksanaan
pendidikan nasional.
Agar
tercpta pendidikan yang baik, harus ada kerjasama yang harmonis antara
keluarga, sekolah, dan masyarakat. Sejalan dengan UU No.20 tahun 2003 tentang
system pendidikan nasional yang mencantumkan peran serta masyarakat dalam
pendidikan.
6. Bentuk-bentuk
Lembaga Pendidikan
1.
Lembaga pendidikan
keluarga
Lingkungan
keluarga merpakan linkungan yang pertama dan utama, karena dalam keluarga anak
mendapatkan dasar-dasar pendidikan sosial, moral, dan agama.
2. Lembaga
pendidikan sekolah
Yang
dimaksud dengan pendidikan sekolah adalah pendidikan yang didapatkan secara
teratur, sistematis, bertingkat dan bertahap.
3. Lembaga
pendidikan di masyarakat
Masyarakat
diartikan sebagai suatu bentuk tatanan kehidupan sosial dengan tata hidup sosial,
tata hidup nilai, dan tata budaya
sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar