ALAT-ALAT PENDIDIKAN
A.
Pengertian Alat Pendidikan
Alat pendidikan adalah sesuatu yang
membantu terlaksananya pendidikan didalam mencapai tujuannya baik berupa benda
atau buka benda. Alat pendidikan mempunyai arti yang sangat luas,oleh sebab itu
dalam membicarakan alat-alat pendidikan perlu diadakan pembagian-pembagian, sebab
ada yang menganggap bahwa alat pendidikan adalah suatu tindaka atau perbuatan
atau situasi dengan sengaja diadakan untuk mencapai satu tujuan pendidikan. Alat
pendidikan adalah hal nyang tidak saja membuat kondisi-kondisi yang
memungkinkan terlaksananya pekerjaan mendidik, tetapi alat pendidikan itu telah
mewujudkan diri sebagai perbuatan atau situasi mana, dicita-citakan dengan
tegas,untuk mencaapai tujuan pendidikan. Didalam buku yang berjudul ”Pengantar
Ilmu Pendidikan Sistematis” yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan(FIP)
IKIP, Jogjakarta pada tahun 1984 pada halaman 96, Dr.Sutari Imam Barnadib mengemukakan bahwa alat pendidikan adalah
suatu tindakan atau perbuatan atau situasi benda yang dengan sengaja diadakan
untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Menurut Langeveld (1971), alat
pendidikan adalah suatu perbuatan atau situasi yang dengan sengaja diadakan
untuk mencapai suatu tujuan pendidikan.
Dengan demikian, alat pendidikan
adalah tindakan atau perbuatan atau situasi yang dengan sengaja diadakan untuk
membantu terlaksananya suatu proses ppendidikan guna mencapai suatu tujuan
pendidikan baik itu berupa benda atau bukan benda.
B.
Pembagian Alat Pendidikan
Alat pendidikan preventif yaitu alat
pendidikan yang bersifat pencegahan, yaitu untuk menjaga hal-hal yang dapat
mengganggu atau menghambat kelancaran proses pendidikan bisa dihindarkan. Alat
pendidikan Preventif yaitu:
1)
Tata tertib, yaitu beberapa peraturan
yang harus ditaati dalam situasi atau dalam suatu tata kehidupan tertentu.
2)
Anjuran dan perintah, anjuran adalah
ajakan atau saran untuk melakukan sesuatu yang baik dan berguna.
3)
Larangan, yaitu ajakan atau saran untuk
tidak melakukan hal-hal yang kurang baik dan merugikan.Biasanya larangan ini
disertai dengan ancaman-ancaman.
4)
Paksaan, yaitu perintah dengan kekerasan
terhadap anak untuk melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat.
5)
Disiplin, yaitu sikap mental yang dengan
kesadaran dan mematuhi perintah-perintah
atau larangan yang ada terhadap suatu hal,karena benar-benar tahu tentang
pentingny perintah atau larangan tersebut.
2. Alat
Pendidikan Repressif
Alat Pendidikan Repressif disebut
juga alat pendidikan kuratif dan korektif. Alat pendidikan ini berfungsi dimana
pada suatu ketika terjadi pelanggaran tata tertib, maka alat tersebut penting
untuk menyadarkan kembali kepada hal-hal yang baik, benar dan tertib. Alat
pendidikan Refresssif yaitu:
1)
Pemberitahuan, yaitu pemberitahuan
kepada anak terhadap sesuatu hal yang kurang baik dan mengganggu jalannya
proses pendidikan.
2)
Teguran, yaitu pemberitahuan yang
diberikan kepada anak yang sudah mengetahui atau sudah dapat diketahui anak itu
melaakukan pelanggaran.
3)
Peringatan, yaitu diberikan kepada anak
yang sudah berkali-kali melakukan perlanggaran, dimana sebelumnya sudah diberi
teguran.
4)
Hukuman, yaitu tindakan yang paling
akhir bterhadap adanya pelanggaran-pelanggaran yang sudah berkali-kali diberitahukan,ditegur,dan
diperingati.
5)
Ganjaran, yaitu alat pendidikan
repressif yang bersifat menyenangkan, ganjaran diberikan kepada anak yang
mempunyai prestasi-prestasi tertentu dalam pendidikan, memiliki kerajinan
tertentu dan tingkah laku yang baik sehingga dapat dijadikan contoh teladan
bagi teman-temannya.
3. Alat
pendidikan dilihat dari bentuknya:
a)
Berbentuk benda(materiil)
b)
Berbentuk non benda
Hal
ini dengan apa yang dikemukakan oleh Drs.Madyo Ekosusilo yang membagi alat pendidikan menjadi 2 hal yaitu:
1) Alat pendidikan bersifat materi yaitu alat-alat
pengajaran yang berupa benda yang nyata.
2) Alat pendidikan yang bersifat non materi yaitu
alat-alat pendidikan yang tidak bersifat kebendaan melainkan segala macam
keadaan atau kondisi, tindakan dan perbuatan yang diadakan atau dilakukan
dengan sengaja sebagai sarana dalam melaksanakan pendidikan
4. Alat
pendidikan diliat dari pelaksanaannya yaitu:
1) Alat pendidikan langsung, suatu pendidikan yang
disampaikan atau diberikan secara langsung kepada peserta didik.
2) Alat pendidikan tidak langsung yaitu suatu alat
pendidikan yang diberikaa atau disampaikan secara tidak langsung melalui
peratara.
H. Zahara Idris dan H. Lisma Jamal membdakan alat pendidikan sebagai
berikut:
a)
Alat pendidikan yang betsifat
Rohaniah(normatif) ,berfungsi preventif dan represif.
b)
Alat pendidikan yang bersifat
kebendaan,disebut juga sebagai sarana pendidikan atau bsarana mengajar, ataupun
alat pengajar.
Alat pendidikan sebagai alat
pengajaran diklasifikasikan sebagai berikut:
1.Alat pendidikan yang bersifat
kebendaan,
2.Berdasarkan
sifat keperagaan atau pengalaman,
3.Berdasarkan
cara penyampaian pesan atau pengajaran,
4.Berdasarkan
fungsinya dalam proses belajar.
Adapun pembagian pendidikan menurut Drs.suwarno dapat dibedakan dari bermacam-macam
segi sebagai berikut:
1. Alat pendidikan positif dan negatif
2. Alat pendidikan preventif dan kolektif
3. Alat pendidikan yang menyennangkan dan yang
tidak menyenangkan
C. Penggunaan Alat Pendidikan
Dalam penggunaan alat pendidikan harus mempertimbangkan
hal-hal berikut:
a. tujuan pendidikan,
b. jenis alat pendidikan,
c. pendidik yang memakai alat pendidikan,
d. anak didik yang dikenai alat pendidikan
Faktor-faktor yang harus
diperhitungkan oleh para pendidik dalam hubungannya dengan pemakaian alat-alat
pendidikan yaitu:
1.
Faktor pendidik sebagai subjek pendidik: yaitu kemampuan dan keterampilan
seorang pendidik dalam menggunakan alat pendidikan.
2.
Faktor anak didik: yaitu kondisi dan situasi anak didik dalam menerima
pendidikan seperti: perkembangan jiwa dan cara berpikir.
3.
Faktor kemampuan: yaitu dimana kemampuan material sekolah maupun lembaga
pendidikan juga menentukan pemakaian alat pendidikan.
4.
Faktor tempat: yaitu dimana lokasi sekolah,juga menentukan pemakaian alat
pendidikan.
D. Jenis-Jenis
Alat Pendidkan
1.
Alat pendidikan pendahuluan
Adalah alat pendidikan yang diterapkan
atau digunakan bagi anak didik yang telah mengerti dan menginsafi akan arti
kewibawaan.Alat pendidikian pendahuluan terdiri dari:
1.
Keteraturan
2.
Kebersihan
3.
Ketenangan
4.
Pembiasaan.
2.
Alat pendidikan yang sebenarnya
Secara
logis dapat dibedakan sebagai berikut:
1.
Memberi perlindungan
2.
Verstaandhounging
3.
Kesamaan arah dalam berbuat dan berfikir
4.
Merasa hidup bersama
5.
Pembentukan kemauan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar