Minggu, 08 Januari 2017

Alat-Alat Pendidikan



BAB V
ALAT-ALAT PENDIDIKAN
A.      Pengertian Alat Pendidikan
Alat pendidikan adalah sesuatu yang membantu terlaksananya pendidikan didalam mencapai tujuannya baik berupa benda atau buka benda. Alat pendidikan mempunyai arti yang sangat luas,oleh sebab itu dalam membicarakan alat-alat pendidikan perlu diadakan pembagian-pembagian, sebab ada yang menganggap bahwa alat pendidikan adalah suatu tindaka atau perbuatan atau situasi dengan sengaja diadakan untuk mencapai satu tujuan pendidikan. Alat pendidikan adalah hal nyang tidak saja membuat kondisi-kondisi yang memungkinkan terlaksananya pekerjaan mendidik, tetapi alat pendidikan itu telah mewujudkan diri sebagai perbuatan atau situasi mana, dicita-citakan dengan tegas,untuk mencaapai tujuan pendidikan. Didalam buku yang berjudul ”Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis” yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan(FIP) IKIP, Jogjakarta pada tahun 1984 pada halaman 96, Dr.Sutari Imam Barnadib mengemukakan bahwa alat pendidikan adalah suatu tindakan atau perbuatan atau situasi benda yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Menurut Langeveld (1971), alat pendidikan adalah suatu perbuatan atau situasi yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan.
Dengan demikian, alat pendidikan adalah tindakan atau perbuatan atau situasi yang dengan sengaja diadakan untuk membantu terlaksananya suatu proses ppendidikan guna mencapai suatu tujuan pendidikan baik itu berupa benda atau bukan benda.
B.       Pembagian Alat Pendidikan
Menurut sifatnya alat pendidikan dibagi dalam 2 hal:
1.      Alat pendidikan preventif
Alat pendidikan preventif yaitu alat pendidikan yang bersifat pencegahan, yaitu untuk menjaga hal-hal yang dapat mengganggu atau menghambat kelancaran proses pendidikan bisa dihindarkan. Alat pendidikan Preventif yaitu:
1)   Tata tertib, yaitu beberapa peraturan yang harus ditaati dalam situasi atau dalam suatu tata kehidupan tertentu.
2)   Anjuran dan perintah, anjuran adalah ajakan atau saran untuk melakukan sesuatu yang baik dan berguna.
3)   Larangan, yaitu ajakan atau saran untuk tidak melakukan hal-hal yang kurang baik dan merugikan.Biasanya larangan ini disertai dengan ancaman-ancaman.
4)   Paksaan, yaitu perintah dengan kekerasan terhadap anak untuk melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat.
5)   Disiplin, yaitu sikap mental yang dengan kesadaran dan  mematuhi perintah-perintah atau larangan yang ada terhadap suatu hal,karena benar-benar tahu tentang pentingny perintah atau larangan tersebut.
2.      Alat Pendidikan Repressif
Alat Pendidikan Repressif disebut juga alat pendidikan kuratif dan korektif. Alat pendidikan ini berfungsi dimana pada suatu ketika terjadi pelanggaran tata tertib, maka alat tersebut penting untuk menyadarkan kembali kepada hal-hal yang baik, benar dan tertib. Alat pendidikan Refresssif yaitu:
1)   Pemberitahuan, yaitu pemberitahuan kepada anak terhadap sesuatu hal yang kurang baik dan mengganggu jalannya proses pendidikan.
2)   Teguran, yaitu pemberitahuan yang diberikan kepada anak yang sudah mengetahui atau sudah dapat diketahui anak itu melaakukan pelanggaran.
3)   Peringatan, yaitu diberikan kepada anak yang sudah berkali-kali melakukan perlanggaran, dimana sebelumnya sudah diberi teguran.
4)   Hukuman, yaitu tindakan yang paling akhir bterhadap adanya pelanggaran-pelanggaran yang sudah berkali-kali diberitahukan,ditegur,dan diperingati.
5)   Ganjaran, yaitu alat pendidikan repressif yang bersifat menyenangkan, ganjaran diberikan kepada anak yang mempunyai prestasi-prestasi tertentu dalam pendidikan, memiliki kerajinan tertentu dan tingkah laku yang baik sehingga dapat dijadikan contoh teladan bagi teman-temannya.
3.      Alat pendidikan dilihat dari bentuknya:
a)        Berbentuk benda(materiil)
b)        Berbentuk non benda
Hal ini dengan apa yang dikemukakan oleh Drs.Madyo Ekosusilo yang membagi alat pendidikan menjadi 2 hal yaitu:
1) Alat pendidikan bersifat materi yaitu alat-alat pengajaran yang berupa benda yang nyata.
2) Alat pendidikan yang bersifat non materi yaitu alat-alat pendidikan yang tidak bersifat kebendaan melainkan segala macam keadaan atau kondisi, tindakan dan perbuatan yang diadakan atau dilakukan dengan sengaja sebagai sarana dalam melaksanakan pendidikan
4.    Alat pendidikan diliat dari pelaksanaannya yaitu:
1) Alat pendidikan langsung, suatu pendidikan yang disampaikan atau diberikan secara langsung kepada peserta didik.
2) Alat pendidikan tidak langsung yaitu suatu alat pendidikan yang diberikaa atau disampaikan secara tidak langsung melalui peratara.
H. Zahara Idris dan H. Lisma Jamal membdakan alat pendidikan sebagai berikut:
a)        Alat pendidikan yang betsifat Rohaniah(normatif) ,berfungsi preventif dan represif.
b)        Alat pendidikan yang bersifat kebendaan,disebut juga sebagai sarana pendidikan atau bsarana mengajar, ataupun alat pengajar.
Alat pendidikan sebagai alat pengajaran diklasifikasikan sebagai berikut:
1.Alat pendidikan yang bersifat kebendaan,
2.Berdasarkan sifat keperagaan  atau pengalaman,
3.Berdasarkan cara penyampaian pesan atau pengajaran,
4.Berdasarkan fungsinya dalam proses belajar.
Adapun pembagian pendidikan menurut Drs.suwarno dapat dibedakan dari bermacam-macam segi sebagai berikut:
1.    Alat pendidikan positif dan negatif
2.    Alat pendidikan preventif dan kolektif
3.    Alat pendidikan yang menyennangkan dan yang tidak     menyenangkan
C.   Penggunaan Alat Pendidikan
       Dalam penggunaan alat pendidikan harus mempertimbangkan hal-hal berikut:
a.     tujuan pendidikan,
b.    jenis alat pendidikan,
c.     pendidik yang memakai alat pendidikan,
d.    anak didik yang dikenai alat pendidikan
Faktor-faktor yang harus diperhitungkan oleh para pendidik dalam hubungannya dengan pemakaian alat-alat pendidikan yaitu:
1. Faktor pendidik sebagai subjek pendidik: yaitu kemampuan dan keterampilan seorang pendidik dalam menggunakan alat pendidikan.
2. Faktor anak didik: yaitu kondisi dan situasi anak didik dalam menerima pendidikan seperti: perkembangan jiwa dan cara berpikir.
3. Faktor kemampuan: yaitu dimana kemampuan material sekolah maupun lembaga pendidikan juga menentukan pemakaian alat pendidikan.
4. Faktor tempat: yaitu dimana lokasi sekolah,juga menentukan pemakaian alat pendidikan.
D.   Jenis-Jenis Alat Pendidkan
1.      Alat pendidikan pendahuluan
       Adalah alat pendidikan yang diterapkan atau digunakan bagi anak didik yang telah mengerti dan menginsafi akan arti kewibawaan.Alat pendidikian pendahuluan terdiri dari:
1.         Keteraturan
2.         Kebersihan
3.         Ketenangan
4.         Pembiasaan.
2.      Alat pendidikan yang sebenarnya
            Secara logis dapat dibedakan sebagai berikut:
1.         Memberi perlindungan
2.         Verstaandhounging
3.         Kesamaan arah dalam berbuat dan berfikir
4.         Merasa hidup bersama
5.         Pembentukan kemauan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar